Tuesday, July 5, 2011

Perbedaan Memang Indah


Tulisan ini terinspirasi saat kami dalam salah satu acara orientasi yaitu motivation training. Di akhir acara tersebut kami semua besama-sama memainkan alat musik angklung dan setiap peserta diberikan masing-masing satu angklung yang memiliki bunyi yang berbeda-beda sesuai dengan nada-nada yang ada didalam tangga lagu. Di masing-masing angklung terdapat kode-kode tersendiri untuk menunjukkan salah satu nada dalam tangga nada. Kebetulan saat itu saya mendapatkan kode “Sinergi” namun saya lupa nada apa tepatnya. Kami dipandu oleh motivator untuk memainkan beberapa buah lagu menggunakan alat musik tersebut denga cara sang motivator menyebutkan kode angklung dan dan kode tangan sehingga bagi kode angklung yg disebut maka ia harus membunyikan angklungnya. Sebelum kami memulai memainkan sebuah lagu kami diminta untuk bersama-sama membunyikan angklung tersebut dan hasilnya ruangan itu sangat riuh sekali. Sebelum kami memainkan lagu kami belajar mengikuti kode-kode sang motivator untuk mengerti kapan kami harus membunyikan angklung yang kami genggam masing-masing.

Kami semua sangat senang memainkan beberapa lagu karena suara yang dihasilkan dari angklung dan nada-nada yang teruntai sangat indah terdengar. Setelah beberapa lagu sang motivator berkata : “Wah nada i(do tinggi) daritadi belum maen ya??”. Kebetulan seorang sahabat yang kukenal juga memegang nada i(do tinggi) sebut saja Eka Sastrosudarmo bukan nama sebenarnya (yang asli Puspa hehehehe). Ia juga sedikit curhat kepada saya “Iya nech gw dari tadi belom maen” untung saya tidak jawab “Maen jauh-jauh gih!!!” hahahaha. Namun pada yang lainnya iya bermain juga (mungkin juga karena sang motivator kasihan hehehe). Setelah saya perhatikan lebih jauh, Ternyata perbedaan memang memberikan sesuatu yang sangat indah dan luar biasa. Namun mengapa kenyataannya terkadang perbedaan membuat kita jauh, bermusuhan, bentrokan dan sebagainya. Lalu saya pikir Apa Yang Salah?? Mengapa tidak seindah musik ini??

Setelah kuperhatikan lagi ternyata memang terdapat perbedaan...

Saat semua angklung dibunyikan bersama-sama yang terjadi adalah kegaduhan. Atau ketika angklung tersebut dibunyikan dengan untaian nada yang tidak enak, maka hasilnya pun adalah kegaduhan. Selain itu, apa yang terjadi bila sang motivator meminta nada A berbunyi namun nada F juga ikut berbunyi?? Ya yang terdengar adalah adanya bentrokan.

Keuntungan yang membuat kami dapat memainkan lagu dengan baik ialah dengan adanya kepatuhan kami kepada motivator sehingga kami tidak terlalu banyak terjadi suara yang berbenturan dan aneh.

Dari permainan angklung ini saya memetik beberapa pelajaran,

1. Untuk Pegawai Seperti Saya

Dalam permainan tersebut saya menunggu kesempatan saya untuk memainkan peran saya dalam lagu yang dimainkan dengan menunggu instruktur dari motivator dan tidak mengambil peran nada lain sehingga dihasilkan nada-nada yang indah.

(Ketika kita bekerja dimanapun kita berada, bekerjalah dengan baik dan berikan yang terbaik ketika peran kita diminta disana. Namun jangan pula kita mengambil peran yang dipercayakan kepada orang lain yang dapat berbenturan antar orang demi kelancaran kepentingan kelompok/perusahaan)

Salah satu teman saya yang mendapatkan nada i(do tinggi) tidak bermain dibeberapa lagu pertama karna motivator tidak memintanya untuk membunyikan nada yang iya genggam. Namun apa yang terjadi jika ia memaksakan untuk membunyikannya??maka lagu tersebut akan terganggu dengan nada yang ia pegang.

(Terkadang tanpa disadari dengan tanpa berbuat apa-apa kita pun sebenarnya berkontribusi terhadap keberhasilan sesuatu karena bisa jadi bila kita memaksakan untuk ikut serta padahal tenaga kita belum dibutuhkan justru akan menghambat kinerja tersebut. Terlebih lagi bila kita memaksakan ikut serta karna hanya ingin tetap eksis hehehe)

2. Untuk para Calon2 Pemimpin Masa Depan dan Pemimpin masa Kini seperti Anda semua

Untuk masukan dari segi kepemimpinan mungkin saya kurang ahli dalam menjelaskannya namun inilah sedikit hal biasa yang bisa saya tarik dari pengalaman bermain angklung.

Sang motivator dalam hal ini bisa diibaratkan sebagai seorang manager di kantor, perusahaan, kepala desa, atau ketua2 yang lain dimana memiliki anak buah/bawahan/anggota masyarakat dsb merupakan orang-orang yang berbeda seperti nada-nada angklung tadi. Bagaimana bisa motivator menghasilkan keindahan dari perbedaan-perbedaan tersebut?? Beberapa hal yang harus dimiliki agar dapat membuat keindahan dari perbedaan ialah :

a. Kepatuhan Anggota/peserta

semua pemain angklung mengikuti petunjuk apa yang yang diminta oleh motivator dan tidak ada yang berontak ketika tidak diikutkan dalam lagu tersebut.

b. Kreatif/Strategi

Yang membuat indah lantunan angklung tersebut ialah untaian nada-nada yang tersinergikan dengan baik menjadi sebuah lagu seperti halnya dengan strategi yang tepat dan hasil kreasi yang indah

Setelah dipahami Perbedaan Memang Indah, Namun untuk mencapai keindahan itu sangat sulit bagi saya, namun saya yakin bagi teman2 akan mudah..

Wah maqissa coba gw kasih ke lo n di edit mungkin lebih enak dibacanya kali ya... (gak kayak sekarang ngalor ngidul)....

No comments: